Menu bro

Kamis, 12 April 2012

Jembatan-Jembatan Megah Di Dunia

Jembatan adalah suatu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk dapat dilalui pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan itu. Selain memiliki fungsi sebagai penghubung transportasi desain
jembatan dapat pula sebuah mahakarya kontrsuksi yang bisa dijadikan kebanggaan negara dimana jembatan itu berada. Berikut adalah jembatan-jembatan megah di dunia.

1. Jembatan Oliveira  (Brazil)


Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka pada bulan Mei 2008. Mempunyai tinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.

2. Tower Bridge (Inggris)


Tower Bridge adalah jembatan gantung di London , Inggris , di atas Sungai Thames. Jembatan ini telah menjadi sebuah simbol ikon kota London. Jembatan itu terdiri dari dua menara yang diikat bersama-sama di tingkat atas melalui dua lorong horizontal yang dirancang untuk mengatasi gaya horisontal yang diberikan oleh bagian tersuspensi jembatan di sisi darat dari menara. 

3. Jembatan Banpo (Korea Selatan)


Jembatan di Korea Selatan yang termasuk dalam jembatan unik di dunia adalah jembatan Banpo. Jembatan Banpo, Seoul ini memiliki semprotan air sebanyak 10.000 buah di sepanjang jembatan, di kedua sisinya. Juga, jembatan Banpo ini pada malam harinya, semprotan air dapat berubah warna.
Air yang disemprotkan berasal dari sungai di bawahnya menjadikannnya sangat ramah lingkungan.

4. Jembatan Millau (Perancis)


Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan "vehicular" tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki); sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004

5 Jembatan Hangzhou Bay (Cina)


Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah salah satu jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
Jembatan ini menjalani banyak pembelajaran beberapa dekade sebelumnya sebelum disetujui tahun 2003, dan akhirnya dibuka pada 1 Mei 2008. Total investasi untuk jembatan ini senilai sekitar US$1.4 milyar. 

6. Jembatan Erasmus (Belanda)


Para Erasmusbrug (“Erasmus Bridge”) adalah sebuah jembatan kabel, yang menghubungkan bagian utara dan selatan kota Rotterdam , The Belanda . Erasmusbrug ini dirancang oleh Ben van Berkel dan selesai pada 1996 . memiliki panjang 808 meter dan tinggi 139 meter. Dengan bentuk tiangnya yang asimetris dan unik, jembatan ini mendapat julukan “The Swan”. 

7. jembatan Jiaozhou (Cina)


Jembatan Jiaozhou adalah jembatan terpanjang di dunia saat ini yang ada di China. Jembatan ini menelan biaya 8.6 Milyar Dollar, dikerjakan oleh 10.000 orang terbagi dalam 2 tim, dan bertujuan untuk menyingkat hubungan 2 kota agar lebih cepat antara 20 - 30 menit.
Jembatan sepanjang 42,5 kilometer yang memiliki persimpangan ditengahnya tersebut menghubungkan tiga kota di Cina. Jembatan Jiaozhou menghubungkan Kota Qingdao di sebelah timur Provinsi Shandong dengan Distrik Huangdao. Diakui ini adalah jembatan di atas air terpanjang di dunia. 

8. Jembatan Confederation (New Brunswick, Kanada)


Jembatan Konfederasi (Perancis: Pont de la Confederation) adalah jembatan yang membentang dari Northumberland Strait, yang menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan New Brunswick, Kanada. Konstruksi berlangsung dari musim gugur 1993 sampai musim semi tahun 1997, dengan  biaya C $ 1,3 miliar. Jembatan ini mempunyai panjang 12,9 kilometer (8 mil) dan dibuka pada tanggal 31 Mei 1997.
 
9. Jembatan Akashi-Kaikyō (Kobe, Jepang)


Jembatan Akashi-Kaikyō merupakan jembatan gantung di atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia.
Sebelum Jembatan Akashi-Kaikyō dibangun, kapal feri merupakan satu-satunya sarana transportasi yang dipakai untuk menyeberangi derasnya selat Akashi. Di tahun 1955, terjadi tabrakan akibat cuaca buruk di Laut Pedalaman Seto antara 2 kapal feri dengan korban 168 tewas yang sebagian besar anak-anak sekolah yang sedang studi wisata. Kemarahan masyarakat mendorong pemerintah Jepang untuk mulai merancang jembatan-jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di Laut Pedalaman Seto, termasuk di antaranya jembatan gantung di atas selat Akashi. Pada mulanya, Jembatan Akashi-Kaikyō dirancang untuk dilewati kendaraan bermotor dan kereta api, tapi pada saat proyek pembangunan diumumkan pada bulan April 1986 ternyata jembatan hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja (semuanya ada 6 jalur). Pembangunan fisik dimulai tahun 1988 dan jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 5 April 1998.

10. Jembatan Helix (Singapura)


Jembatan Helix, sebelumnya dikenal sebagai Jembatan Double Helix, adalah sebuah jembatan penyeberangan yang menghubungkan Marina Centre dengan Marina Selatan di daerah Marina Bay di Singapura. Secara resmi dibuka pada 24 April 2010 pukul 9 malam, namun hanya setengah dibuka karena konstruksi yang sedang berlangsung di Marina Bay Sands. Jembatan ini terletak di samping Benjamin Sheares Bridge dan disertai dengan jembatan kendaraan, yang dikenal sebagai Bayfront  Bridge. Jembatan dibuka seluruhnya pada 18 Juli 2010 untuk menyelesaikan seluruh jalan sekitar Marina Bay.
Jembatan ini melengkapi proyek-proyek pembangunan besar lainnya direncanakan di daerah tersebut, termasuk Resort terpadu Marina Bay Sands, Singapore Flyer, taman, bisnis dan pusat keuangan yang akan siap pada tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar